Sabtu, 04 Agustus 2012

TATA CARA, BACAAN NIAT & DOA SHOLAT TARAWIH DAN WITIR

Banyak umat Islam yang ingin mengetahui tata cara, bacaan niat dan doa sholat tarawih dan witir yang paling tepat. Seringkali, di lingkup masyarakat tertentu, tata caranya berbeda dengan masyarakat yang lain. Manakah yang benar? Manakah yang sesuai syariat? Apakah tata cara, niat, atau doa yang selama ini kita tuturkan, ternyata salah?

Salat Tarawih
Salat Tarawih adalah salat malam yang dilakukan pada bulan Ramadhan, yang pada bulan lain disebut salat tahajud. Hukumnya sunnat muakkad, penting bagi muslim lelaki dan perempuan. Salat tarawih ini dapat dilakukan
sendiri, dapat pula berjamaah. Secara umum, kita melakukannnya ba’da salat isya. Dalam ketentuan, salat tarawih dapat dilakukan dalam rentang waktu sesudah isya’ hingga terbit fajar (atau waktu subuh).

Jumlah Rakaat
Dalam praktik sehari-hari, kita kadang melihat ada jamaah yang salat tarawih 20 rakaat, ada pula yang hanya 8 rakaat. Mana yang benar? Tidak ada keterangan pasti tentang jumlah rakaat ini. Semua dikembalikan pada keyakinan masing-masing. Tidak ada yang lebih utama, antara yang 8 atau yang 20. Karena, yang dinilai Allah adalah kekhusyukan kita dalam salat, bukan jumlah salat kita.
Mengenai berapa rakaat yang dilakukan dalam setiap salam, kita juga sering melihat perbedaan. Ada yang dua rakaat salam, ada pula yang empat rakaat salam. Kedua-keduanya diperkenankan. Namun, yang lebih utama adalah yang dua rakaat salam, sesuai sabda Rasulullah saw., “salat malam adalah dua rakaat-dua rakaat” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Niat Salat Tarawih
Niat salat tarawih cukup diucapkan di dalam hati saja. Tidak ada anjuran untuk melafalkannya, apalagi bila pelafalan tersebut mengganggu jamaah lain. Ingatlah, yang paling utama adalah niat tulus beribadah karena Allah.

Adapun niat salat tarawih dua rakat adalah sebagai berikut:
————Ushalli sunnatat taraawiihi rak’ataini (ma’muman/imaaman) lillahi ta’aalaa”———-
Artinya: Aku niat shalat Tarawih dua rakaat (menjadi ma’mum/imam) karena Allah Ta’ala.
Doa Salat Tarawih
Dzikir berjamaah di antara jeda salat tarawih, tidak ada tuntunannya dari Rasulullah saw. Yang tepat, dzikir tersebut dilakukan perseorangan, tanpa perlu ada yang memimpin. Mengenai doa setelah tarawih atau di sela-sela tarawih, tidak ada tuntunan dari Rasulullah tentang doa tersebut.
Salat Witir
Salat witir artinya salat dengan jumlah bilangan ganjil, yang dilakukan sebagai penutup salat tarawih (atau salat lail pada umumnya). Jumlahnya tidak memiliki ketentuan khusus, bisa satu rakaat, tiga rakaat, lima rakaat, atau hingga sembilan rakaat. Sabda Nabi, “Witir itu hak. Siapa yang suka mengerjakan lima, kerjakanlah. Siapa yang suka mengerjakan tiga, kerjakanlah. Dan siapa yang suka mengerjakan satu, kerjakanlah.” (H.R. Abu Daud dan An-Nasa’i). Adapun pada umumnya, kita melakukan salat witir sebanyak tiga rakaat.
Niat Salat Witir
Niat salat witir adalah sebagai berikut,
——Ushalli sunnatal witri …. lillahi Ta’aalaa’.———
Artinya : ‘aku niat shalat sunnah witir …. rakaat karena Allah Ta’aalaa’
Doa Setelah Salat Witir
Doa setelah salat witir adalah sebagai berikut,
للَّهُمَّ إِني أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ ، وَبِـمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَـتِكَ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ ، لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ ، أَنْتَ كَمَا أَثْــــنَــــيْتَ عَلَى نَــــفْسِكَ
“Ya Allah, aku berlindung dari kemurkaan-Mu melalui ridha-Mu, aku berlindung dari hukuman-Mu melalui permaafan-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa-Mu. Aku tidak bisa menyebut semua pujian untuk-Mu, sebagaimana Engkau memuji diri-Mu sendiri.”

سُبْحَانَ الـمَلِكِ القُدُّوْسِ
“Mahasuci Dzat yang Maha Menguasai lagi Mahasuci.” (H.r. Abu Daud; dinilai sahih oleh Al-Albani)
Doa ini dibaca tiga kali dan tidak perlu diberi tambahan, “rabbul malaikati war-ruh”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow me on Twitter