Selasa, 05 Juni 2012

CONTOH CERAMAH

CERAMAH ISLAM

  1. Pidato dalam rangka memperingati 1 Muharom (Tahun Baru Islam)

Asslamu'alaikum Wr.Wb.


  Patutlah pada hari ini kita mengucapkan tahmid dan tahsyakur kehadirat Alloh SWT karena hanya dengan rahmad, hidayah, serta inayat-Nya kita semua dapat berkumpul di majlis ini guna untuk mendengar ceramah dalam rangka memperingati 1 Muharom, yang lazimnya disebut tahun baru islam

          selanjutnya Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Muhammad saw karena dari beliaulah kita semua dapat mengetahui akan ajaran-ajaran Islam, sehingga kita dapat membedakan mana jalan yang lurus dan maana jalan yang salah.

          Hadirin sekalian yang berbahagia.

          Pada saat ini kita semua tengahh memperingati hari besar Islam 1 Muharom, oleh karena itu patutlah kita bersyukur kepada Alloh SWT karena kita masih diperkenankan oleh Alloh SWT untuk dapat menikmati apa yang telah diberikan oleh-Nya di muka bumi ini. Dengan memasuki tahun baru ini membuat kita sadar bahwa umur kita telah bertambah dari 1 tahun menjadi 2 tahun, yang sebelumnya 17 tahun menjadi 18 tahun dan begitulah seterusnya. Akan tetapi, haruslah kita sadari pula bahwa dengan bertambahnya tahun, maka akan semakin berkurang 1 tahun kesempatan kita dalam
mencari atau berbuat amal soleh. Dan dengan memasuki tahun baru ini hendaknya kita mengoreksi akan hasil-hasil perbuatan kita di masa yang sudah lalu atau pada tahun yang telah kita tinggalkan. Koreksilah diri kita masing-masing dengan kaca mata agama. Kita buat neraca atau perbandingan selama satu tahun yang telah kita tinggalkan itu , banyak perbuatan yang meninggalkan syariat ataukah jalan yang diridoi oleh Alloh. kalau seandainya selama satu tahun kita tinggalkan itu amalan-amalan baik, hal itu menunjukan bahwa tingkat keimanan kita semakin bertambah. Begitu pula sebaliknya, bila selama satu tahun itu banyak amalan jeleknya , maka tentunya kita harus lebih memperbaiki keimanan kita.

          Dengan bergantinya tahun baru ini yang membuat umur kita menjadi bertambah, maka gunakanlah sisa dari umur yang ada itu dengan amalan-amalan atau aktifitas yang sesuai dengan norma-norma agama, dan itulah sebaik-baiknya tindakan manusia yang cerdik. Sesuai dengan hadits Rasulullah saw :


"Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang panjang umurnya dan bagus amalannya dan sejelek-jeleknya manusia adalah yang diberi umur panjang dan jelek amalannya (perbuatannya). (HR.Ahmad)"

           Berangakat dari hadits tersebut, marilah kita dalam memperingati hari besar Islam, utamanya tahun baru Hijriyah yang tepatnya pada tanggal 1 Muharom kita koreksi diri, kita perbanyak mengumpulkan amalan-amalan yang bagus. Itulah makna sebenarnya dalam memperingati 1 Muharom ini. 

          Demikian ceramah yang saya berikan semoga bermanfaat bagi kita semua . Amin ya robbal'alamin

Terima kasih atas perhatiannya, mohon maaf bila ada sala-salah kata dan kekhilafannya.Akhirul kalam, ushikum wanafsii wa-iyyaaya bitaqwallohi, wassalamu 'alaikum warohmatullohi wabaokatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow me on Twitter